Jumat, 11 Januari 2008

AV, Desktop and Online Terbaik

20+ Aplikasi Program Antivirus dan Desktop dan Online Terbaik

Komputer atau laptop hampir semua sangat rawan terhadap infeksi virus, malware, spyware yang dapat mengganggu sistem komputer anda bahkan merusaknya. Kebanyakan kesemua hal tersebut disebabkan oleh sumber yang sama, yaitu internet dan komputer publik, dimana para pengganggu tersebut terselubung dalam enkripsi berbagai jenis file atau mungkin dengan cara lain. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi antivirus dan spyware yang bagus perlu anda gunakan. Banyaknya antivirus yang beredar kadang membuat kita bingung bagaimana memilihnya dan mungkin jika anda bukan orang yang tidak mau pusing, anda lebih suka bertanya dengan orang lain terdekat anda dan tidak mengganti-gantinya atau meng-updatenya berbulan-bulan, padahal setiap harinya ratusan jenis virus baru muncul. Review ini hanya berupa tulisan singkat berdasarkan alfabet yang cukup dapat digunakan sebagai perbandingan dengan yang lain, untuk memudahkan menemukan antivirus yang tepat buat anda, download dan penjelasan seperti spesifikasi yang sesuai dengan komputer atau laptop anda lebih lengkapnya bisa anda temukan di link tersebut.

AntiVirus Desktop

1. Anti-Virus&Trojan
http://www.download.com/Anti-Virus-Trojan/3000-2239_4-10758552.html?tag=lst-0-1
Program aplikasi antivirus dan juga antitrojan untuk desktop ini menyediakan perlindungan terhadap semua jenis virus dan trojan, dapat menscan file terinfeksi dan memunculkan pesan peringatan secara realtime jika ada file terinfeksi.

2. avast! Home Edition
http://www.avast.com/eng/free_virus_protection.html
Antivirus gratis ini dapat mendeteksi file terinfeksi pada disk, CD, e-mail, HTTP, NNTP, IM dan jaringan P2P. Cukup lengkap sebagai edisi gratis.

3. AVG Free Edition
http://free.grisoft.com/doc/2/lng/us/tpl/v5
Antivirus AVG gratis ini memiliki fitur unik yaitu AVG Resident Shield yang memberikan proteksi real-time terhadap eksekusi file dan program, ada juga scanner e-mail, update virus dan virus vault sebagai tempat menangani file-file yang terinfeksi virus.

4. CA Antivirus
http://home3.ca.com/Microsoft/
Program antivirus dari Computer Associates yang merupakan jaringan perkumpulan produsen komputer dari seluruh dunia ini memberikan penanganan sekuritas terhadap worm, trojan horse dan virus. Versi ini merupakan 90-day trial.

5. ClamWin
http://www.clamwin.com/content/view/18/46/
Antivirus ini merupakan proyek antivirus gratis untuk windows dengan fitur-fitur standar seperti scanning disk dan lain-lain.

6. ESET NOD32 Antivirus
http://www.eset.com/index.php
Antivirus yang saya gunakan ini memang bukan versi gratis, tetapi anda bisa mencobanya dalam 30 hari. NOD32 yang merupakan antivirus powerful ini mendapat banyak penghargaan antivirus dari berbagai organisasi karena kemampuannya. Tersedia untuk keperluan bisnis kecil, individu atau jaringan yang sangat besar.

7. Fprot
http://www.f-prot.com/f-prot/products
Aplikasi antivirus gratis untuk Linux, FreeBSD dan DOS, selain itu juga ada versi evaluasi untuk Windows.

8. HandyBits
http://www.handybits.com/vsi.htm
Antivirus scanner integrator gratis ini memiliki fitur seperti auto-search scan yang dapat diintegrasikan dengan antivirus yang sudah ada untuk meningkatkan kemampuannya.

9. HijackThisSoftware
http://www.tomcoyote.org/hjt/
Aplikasi kecil untuk scanning dan cleaning infeksi spyware, malware pada komputer ini juga memiliki fitur untuk menyimpan scan log pada file txt untuk analisis system security.

10. Kaspersky ANti-Virus Personal Pro
http://www.kaspersky.com/products.html
Antivirus kaspersky ini dikenal mampu menangani dan memproteksi komputer dari berbagai virus makro dan virus yang tidak diketahui, selain itu juga menawarkan data integritas kontrol dan perlindungan e-mail dari virus.

11. MWAV
http://www.mwti.net/products/mwav/mwav.asp
Utiliti gratis yang mampu scanning antivirus, spyware, adware dan berbagai tipe malware. Kelebihan program ini adalah tidak memerlukan instalasi dan bisa dijalankan langsung.

12. Nanoscan
http://www.nanoscan.com/about/
Scanner instant ini dapat mendeteksi virus, spyware dan ancaman lain hanya dalam beberapa menit.

13. Norton Antivirus
http://www.symantec.com/index.html
Norton Antivirus ini merupakan scanner virus paling aman dan populer dengan fitur seperti checking boot sector pada start up.

14. Panda Antivirus Platinum
http://www.pandasoftware.com
Paket perlindungan virus lengkap untuk semua jenis penggunaan, dengan instalasi yang mudah dan proteksi terhadap virus baru secara otomatis.

15. PC Tools Antivirus
http://www.pctools.com/free-antivirus/
Program antivirus gratis untuk windows ini cukup handal menangani masalah proteksi virus.

16. Protector Plus Antivirus Software
http://www.pspl.com/products/products.htm
Solusi antivirus sempurna untuk sistem untuk semua tipe virus, spyware, trojan dan worm.

17. Solo ANti-Virus
http://www.srnmicro.com/products/
Anti-Virus ini memberi proteksi terhadap virus baru dari internet dan juga dapat menscan sistem untuk memusnahkan worm dari sitem. Fitur unik System Integrity Checker ini memberi perlindungan terhadap Internet Worms, Backdoor programs, malicious VB dan Java script.

18. Sophos
http://www.sophos.com/support/disinfection/
Antivirus windows ini mampu menghilangkan virus, worm, trojan dan aplikasi lain yang membahayakan.

19. Stinger
http://vil.nai.com/vil/stinger/
Aplikasi freeware antivirus stand alone yang dapat mendeteksi otomatis dan menghilangkan virus, meskipun begitu aplikasi ini bukan pengganti antivirus full-time yang sudah ada di komputera nda, sekedar additional enhancer saja.

20. StopSign
http://www.stop-sign.com
StopSign Threat Scanner ini merupakan solusi efektif dalam menghadapi berbagai tipe pengancam bahaya untuk komputer, seperti virus, spyware, trojan, adware, keylogger, worm, browser hijacker dan berbagai kode yang berbahaya lainnya.

21. ThreatFire
http://www.download.com/ThreatFire-AntiVirus-Free-Edition/3000-2239_4-10747480.html
Freeware antivirus kaya fitur dan kuat ini juga mampu menangani berbagai masalah virus dan lainnya seperti worm dan tipe-tipe malware lainnya.

Antivirus Online

22. a-Squared Web Malware Scanner
http://www.emisoft.com/en/software/ax/
a-squared ini mampu menscan trojan, backdoor, worm, dialer, spyware/adware, keylogger, rootkit, hacking tool, riskware dan trackingcookies.

23. BitDefender Online Scan System
http://www.bitdefender.com/scan/licence.php
Aplikasi online ini mampu menscan memori sistem, boot sector, semua file dan folder dan juga disertai pilihan file cleaning otomatis. Aplikasi ini virus, worm, trojan, aplikasi berbahaya lainnya.

24. Free online Trojan Scanner
http://www.windowsecurity.com/trojanscan/
Scanner online ini dapat mendeteksi dan menghilangkan trojan dari komputer anda.

25. Panda ActiveScan
http://www.pandasecurity.com/homeusers/solutions/activescan/
Scanner online virus ini dapat mendeteksi lebih dari 1.850.000 jenis virus, worm, trojan dan lain sebagainya pada komputer anda.