Jumat, 04 Januari 2008

Semuanya Tentang PDF..

20+ Bahan untuk membuat, mengubah dan mencari/Sharing File PDF

File-file PDF merupakan jenis file yang tepat untuk mempublikasikan buku secara online (e-book). Hampir seluruh e-book dibuat dalam bentuk file PDF.
Selain itu file PDF merupakan jenis file yang tepat sebagai media informasi seperti majalah dll, anda mungkin pernah kaget seperti saya ketika mendapati buku baru Harry Potter begitu cepat beredar di internet dalam format PDF. Dan juga kadang file PDF juga digunakan sebagai bentuk file untuk menyerahkan tugas kuliah.
Dengan begitu banyaknya fungsionalitas file PDF ini, sangat disayangkan jika untuk membaca file tersebut banyak diantara kita menggunakan software-software mahal seperti Adobe Acrobat yang dibajak misalnya, padahal banyak sekali cara lain untuk membaca file PDF dan bahkan membuatnya sendiri dan mempublikasikannya secara online atau offline dan gratis tentunya dengan fitur yang lebih baik. Disamping itu anda dapat mencari file-file PDF di situs sharing PDF tertentu dan juga mengupload file PDF anda pada situs tersebut.

Membuat/ripping file PDF secara Online

1. Adobe's Create PDF Online
http://createpdf.adobe.com
Layanan online yang dimiliki adobe ini menawarkan untuk mengubah file-file dalam berbagai format yang anda miliki, seperti MS Office, RTF, AutoCAD atau dengan sistem OCR-nya (Optical Character Recognition) pada dokumen yang anda scan menjadi PDF. Sayangnya layanan gratis ini hanya terbatas untuk 5 kali penggunaan.

2. PDF Online
http://www.pdfonline.com
PDF online ini dapat membantu anda mengubah file jenis apapun menjadi file PDF.

3. PDF-O-Matic
http://www.easysw.com/htmldoc/pdf-o-matic.php
PDF-O-Matic ini dapat membantu anda untuk mengubah halaman web dan menjadikannya file PDF, sangat berguna untuk viewing offline halaman web dan mengintegrasikannya dalam paper untuk presentasi.

4. Neevia Online PDF
http://convert.neevia.com
Fitur yang ditawarkan neevia ini adalah kontrol setting konversi PDF seperti resolusi gambar dan kompatibilitas versi PDF.

5. PDF4U
http://www.pdf4u.com
PDF4U menawarkan layanan gratis dengan kuantitas pengubahan file menjadi file PDF tidak terbatas tetapi terbatas pada ukuran.

6. Text2PDF
http://www.sanface.com/createpdf.html
Sanface ini menawarkan layanan Text2PDF yang dapat membantu anda untuk mengubah teks yang anda kopi paste menjadi file PDF langsung jadi.

7. Loop Service
http://drawloop.com/solutions.aspx
Layanan yang ditawarkan drawloop ini adalah mengubah dan menggabungkan dokumen word, excel, dan PDF menjadi satu file PDF.

8. Zamzar
http://www.zamzar.com
Zamzar ini akan membantu anda mengkonversi berbagai dokumen berformat selain PDF menjadi satu format PDF.

Ripping PDF pada desktop secara Offline (dalam bentuk software/aplikasi desktop)

9. Ghostscript
http://pages.cs.wisc.edu/%7Eghost/
Ghostsrcipt ini sudah berada cukup lama di bidang PDF gratis, anda bisa menggunakannya untuk membuat dan membaca file PDF anda.

10. doPDF
http://www.dopdf.com
doPDF dari softland untuk windows ini dapat membantu anda membuat file PDF dari aplikasi lain yang memiliki perintah print.

11. PDF995
http://www.pdf995.com
PDF995 ini telah beredar bertahun-tahun di dunia komputer secara gratis. Banyak penggunanya yang puas karena stabilitasnya yg baik untuk membaca dan membuat PDF.

12. PrimoPDF
http://www.primopdf.com
PrimoPDF ini merupakan aplikasi gratis terbaik untuk menggabungkan dan membaca file PDF karena kemudahannya.

13. MyPDFCreator
http://www.mypdfcreator.com/index.php
Dengan myPDFCreator ini anda dapat membuat PDF dengan gratis dan dengan fitur keamanannya, anda tidak perlu khawatir dengan file PDF yang anda buat.

14. CutePDFWriter
http://www.cutepdf.com
Writer PDF ini cukup simpel dan tentunya tersedia gratis untuk anda.

15. PDFCreator
http://sourceforge.net/projects/pdfcreator/
Dengan open source PDFCreator ini, anda dapat membuat file PDF gratis yang bisa anda download aplikasinya dari sourceforge.

16. Jaws PDF Creator
http://www.jawspdf.com
Aplikasi ini mungkin adalah aplikasi alternatif gratis acrobat reader yang paling baik dengan adanya fitur-fiturnya yang bagus dan cukup banyak.

17. NitroPDF
http://www.nitropdf.com
Software gratis dengan pengembang dari australia, Arts PDF ini mungkin adalah kompetitor JawsPDF dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki.

18. OpenOffice
http://www.openoffice.org
OpenOffice ini tidak hanya berfungsi sebagai pengganti microsoft office saja, melainkan juga menawarkan fitur untuk mengubah dokumen menjadi file berformat PDF.

19. Smart PDF Converter
http://smartpdfconverter.com
Aplikasi ini merupakan aplikasi lain untuk mengkonversi file menjadi format PDF.

Mengubah file berformat PDF (dekripsi dan enkripsi file PDF)

20. PDF Text Reader
http://www.ctdeveloping.com/ctdeveloping.products/pdftextreader_info.asp
Aplikasi gratis dari CT ini dapat membantu anda untuk mengekstrak/mengubah teks dari file-file PDF untuk anda edit dan menggunakannya untuk keperluan lain seperti untuk blog dan keperluan lainnya.

21. PDF U Append
http://desktop.qarchive.org/
PDF U Append ini dapat membantu anda untuk menggabungkan berbagai dokumen termasuk dokumen PDF menjadi satu file PDF.

22. PDF Transformer
http://www.pdftransformer.com
Aplikasi ini dapat membantu membaca file PDF dan mengeditnya.

23. Apago
http://www.apagoinc.com
Apago ini dapat membantu anda untuk mengoptimalisasi ukuran PDF anda agar ukurannya tidak terlalu besar.

24. PDF2Text
http://www.pdf2text.com
Aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengubah file PDF anda menjadi teks atau file dengan format XML.

25. Batch Stamp Tool
http://www.pdf-tools.com/asp/products.asp?name=BTS&gclid=CLbmgKu8wYOCFRrnPgodtFLKMA
Aplikasi ini bisa membantu untuk memberi stempel logo anda atau apapun pada setiap halaman dengan metode deskripsi dan enkripsinya.

Tempat Upload PDF dan mencari PDF (PDF Sharing)

26. Scribd
http://www.scribd.com

Scribd ini sangat cocok untuk dianalogikan sebagai YouTube untuk dokumen/file PDF. Anda bisa meng-upload dokumen anda disini dan juga mencari dokumen-dokumen lain, seperti buku harry potter terbaru yang saya temukan disini dan buku-buku lain.

27. 4Shared
http://4shared.com
4Shared ini menawarkan ruang gratis untuk file-file yang ingin anda upload, termasuk file PDF dan dengan disertai fitur akses PDF-sharing.